SEJARAH EROPA
(MKK-23026)

Mata kuliah ini diberikan pada mahasiswa semester genap (dua) agar mereka memiliki kemampuan dalam :

  1. Pemahaman dan wawasan mengenai perkembangan awal kehidupan masyarakatEropa yang meliputi peradaban Pulau Kreta/Minois, kedatanganrumpunbangsa Indo-Eropa di Yunani, terbentuknya negara-negara kota dan berkembangnya Peradaban Yunani
  2. Kemampuan mengkaji dan memahami tumbuh dan berkembangnya peradaban Romawi yang merupakan penerus peradaban Yunani, yang meliputi:awal berdirinya kerajaan Romawi, berdirinya Republik Roma, berkembangnya Kekaisaran Romawi, proses runtuhnya Romawi Barat, dan berkembangnya peradaban Romawi.
  3. Pengetahuan mengenai pembentukan negara-negara di Eropa (500-800) dan timbulnya feodalisme di Eropa, lahirnya negara-negara baru bekas Romawi Barat, terjadinya perluasan kekuasaan Islam, dan berkembangnya peradaban Eropa abadpertengahan
  4. Kemampuan mengkaji dan menganalisis latar belakang terjadinya perang salib dan timbulnya kota-kota Baru di Eropa, terjadinya renaissance dan penjelajahan bangsa-bangsa Eropa di belahan dunia lainnya
  5. Kemampuan mengkaji latar belakang serta proses terjadinya reformasi dan kontra reformasi di Jerman, Perancis, Inggeris dan Swiss
  6. Pemahaman, pengetahuan dan kemampuan mengkaji latar belakang, proses revolusi Industri di Inggeris dan Revolusi Perancis serta akibat-akibat sosial politik yang ditimbulkannya.
  7. Pemahaman, pengetahuan dan kemampuan mengkaji perkembangan demokrasi di Eropa pada abad ke-19, peristiwa Kongres Wina 1814/1815, berkembangnyaSistem Matternich, serta revolusi nasional dan liberal di Eropa dan praktek kehidupandemokrasi masyarakat Eropa abad ke-19.
  8. Pemahaman, pengetahuan dan kemampuan mengkaji perkembangan nasionalisme di Eropa pada abad ke19 yang meliputi kajian peristiwa Perang Krim (1854-1856), perjuangan penyatuan Italia dan perjuangan penyatuan Jerman.
  9. Pemahaman, pengetahuan dan kemampuan mengkaji proses industrialisasi,modernisasi di Eropa Barat dan timbulnya imperialisme moderen, modernisasi di Perancis (Napoleon II), dan Modernisasi Rusia (Tsar Alexander II)
  10. Pemahaman, pengetahuan dan kemampuan mengkaji kerjasama regional, persaingan dan konflik hingga meletusnya Perang Dunia I, era diplomasi Bismarck(1871-1890), era diplomasi Inggeris, Perancis dan Rusia (1890-1918), Perang Dunia I (1914-1918), perjanjian damai Versailles.
  11. Kemampuan dan pemahaman mengenai perkembangan ideologi totaliter di Eropa (Nazi Jerman, Fasisme Italia) pada masa antara dua perang dunia, dan revolusi komunis di Rusia 1917, serta kerjasama internasional untuk mengakhiri Perang Dunia II.
  12. Kemampuan dan pemahaman mengenai kerjasama regional Eropa dan perang dingin sejak akhir PD II, kerjasama dan konflik dalam perang dingin, kerjasama ekonomi Comecon dan MEE dan Pasar Tunggal Eropa.
  13. Kemampuan dan pemahaman mengenai revolusi menumbangkan komunisme di Eropa Timur, glasnots dan perestroika, runtuhnya pemerintah komunis di Eropa Timur, gerakan disintegrasi di Uni Soviet, dan berakhirnya Perang Dingin